Header Ads

test

Sekolah Ideal Keluarga Muslim Dan Untuk Generasi Zaman Now, Mau Tahu ?


Sekolah Ideal Keluarga Muslim Dan Untuk Generasi Zaman Now, Mau Tahu ?
Santri SDIT Az-Zahra Majenang

Kampung Edukasi - Kali ini kami akan memberikan profil salah satu lembaga pendidikan ideal untuk keluarga muslim, yang pas sekali untuk pilihan putra putri seorang muslim, yang sesuai dengan tuntutan kehidupan zaman now, dimana kehidupan Globalisasi dan sekulerisasi kehidupan begitu sangat memprihatinkan. Bukan sekolah alternatif tapi adalah sekolah pilihan ideal, yaitu SIT AZ-ZAHRA MAJENANG yang didalamnya memiliki dua lembaga pendidikan, yaitu TKIT dan SDIT Az-Zahra Majenang.

TAHFIDZ AL-QUR'AN
Program Tahfidz di SDIT Az-Zahra Majenang berjalan sangat lama bahkan sudah merupakan program wajib yang dibuat di awal berdirinya SDIT Az-Zahra, yaitu pada tahun 2007. Seiring berjalanya waktu program Tahfidz di SDIT Az-zahra progres perkembanganya sangat membanggakan, Hingga saat ini tahun 2017. Hingga saat ini sebagian besar siswa kami di SDIT Az-Zahra telah selesai juz 30 dan sudah ada beberapa anak yang sudah masuk juz 29 dan juz 30. pemilihan pola atau metode menghafal Al Qur'an dibuat sangat menyenangkan sehingga siswa begitu antusias dan gembira. Padahal target pencapaian kami selama 6 tahun menempuh jenjang pendidikan di SDIT Az-Zahra hanya 1 juz saja yaitu juz 30, tapi hasil yang kami dapat melebihi ekspektasi kami, Alhamdulillah.., jika kondisi ini berjalan dengan baik maka bukan tidak mungkin lulus dari az-zahra bisa dan mampu hafal 3 juz minimal, semoga Allah Memudahkan.

TAHFIDZ HADIST
Tidak jauh berbeda dengan program tahfidz Al-Qur'an, Tahfidz hadist di SDIT Az-Zahra juga alhamdulillah telah berjalan, Target kami dalam satu tahun bisa hafal minimal 20 hadist, dengan demikian asumsi kami selama siswa menempuh 6 tahun pembelajaran akan hafal 60 hadist. Program Tahfidz Hadist juga sudah dibuatkan pola atau metode yang tepat buat anak, sehingga anak tidak merasa jenuh dan bosan di sela-sela menghafal Al-Qur'an.

HAFALAN DOA SEHARI-HARI
Gambaranya persih dan mirip sekali dengan Program Tahfidz Hadist, di samping Tahfidz Al-Qur'an dan Hadist santri kami juga menghafal doa sehari-hari.

SHALAT DHUHA
Sudah jelas menurut kami bagaimana deskripsi tentang program Shalat dhuha di SDIT Az-Zahra, adalah aktifitas pembiasaan shalat dhuha yang dijalankan bersama-sama oleh ustadz dan ustadzah, sehingga dengan pola ini akan menjadi kebiasaan anak untuk menjalankan shalat sunnah dhuha.

PROGRAM PENDUKUNG

MABIT (MALAM BINA IMAN DAN TAQWA)
Dilakukan satu bulan sekali
Mabit diikuti mulai dari kelas II – VI
Pelaksanaan rangkaian kegiatan MABIT dipisah antara siswa Ikhwan dan akhwat kecuali kegiatan shalat fardhu (berjamaah). Pembentukan pribadi anak mandiri, disiplin, tanggung jawab, sholeh dst, ditempa dalam kegiatan MABIT ( Malam Bina Iman dan Taqwa) yang dilaksanakan setiap satu bulan sekali. Yaitu siswa menginap atau bermalam di sekolah dengan diberikan banyak program khusus, beberapa kegiatanya di anataranya adalah : Kajian Islam, Shalat Tahajud, Muhasabah diri, Tausiah Pagi, dll.

PARENTING
Dilaksanakan setiap tiga bulan sekali
Materi parenting terkonsep selama 1 tahun,  artinya tema sudah ditentukan sehingga jelas. Kemudian pemateri parenting dilakukan bergiliran oleh ustadz dan ustadzah sebagai upgrade peningkatan kemampuan diri, atau sesekali mengambil pemateri dari eksternal sekolah. Adapun salah satu fungsi Parenting sendiri adalah sebagai media komunikasi antara sekolah dengan wali santri, dengan harapan komunikasi yang aktif terjalin sebuah komunikasi satu arah atau satu tujuan, artinya sekolah dan orang tua bekerja bersama-sama memberikan pelayanan terbaik kepada anak, mensinkronkan apa yang ada di sekolah dengan apa yang ada di rumah.

OUTING CLASS
Dilaksanakan mandiri per kelas berdasarkan tema atau materi pembelajaran. Bentuk pembelajaran berdasarkan tema mengamati dan melihat langsung obyek pembelajaran.
Dengan harapan siswa mampu menyimpulkan dan memahami dengan benar berdasarkan fakta yang dilihat.
Outing Class Hutan Pinus Malabar Wanareja   

HOME VISIT
Adalah kunjungan Wali kelas kepada siswa, berbeda dengan sekolah umum yang sudah ada. Biasanya Home Visit dilakukan ketika siswa sedang menghadapi atau sedang terjerat kasus atau masalah. Kegiatan Home Visit yang kami lakukan justru sangat Intens, artinya kami senantiasa melakukan komunikasi kepada wali santri berkaitan dengan perkembangan anak melalui program Home Visit.

BERENANG
Kegiatan refreshing dan penyegaran siswa yang dilakukan setiap 1 bulan sekali
Berenang   
 
Sekolah Ideal Keluarga Muslim Dan Untuk Generasi Zaman Now, Mau Tahu ?
Kegiatan berenang
OUT BOUND, TADABBUR ALAM
Salah satu aktifitas favorit siswa, Hicking menyaksikan alam raya ciptaan Allah SWT, biasa dilakukan dengan cara Rihlah, berjalan menyusuri jalan-jalan pedesaan dan hutan, bisa juga dimanfaatkan sebagai media pengamatan langsung terhadap jenis fauna, flora, struktur tanah, air,dll.

Out Bound   
FAMILY GATHERING
Kegiatan akhir tahun, berkumpulnya seluruh keluarga besar SIT Az-ZAhra, sebagai sarana silaturahmi, tukar pikir serta sharing tentang banyak hal. Family Gathering bisa dikemas atau dipaketkan dalam beberapa bentuk kegiatan semisal Akhirussannah ataupun Out Bound,dll.

BAKSOS
Kegiatan ini memiliki sumber dana dari siswa, karena kami juga membiasakan kegiatan sedekah atau infaq setiap hari jum'at. Pelaksanaan Baksos itu sendiri juga dilakukan bersama dengan siswa, terjun langsusng di masyarakat.

PESANTREN RAMADHAN
Tentu kegiatan Pesantren Ramadhan sudah dilakukan di sekolah umum yang lain, tapi kami melaksnakanya dengan cara berbeda, yaitu siswa menginap beberapa hari di sekolah, tentunya dengan diberikan program khusus selama bulan ramadhan, untuk menguatkan dan meningkatkan suasana keimanan siswa. Sesuai dengan target kami yaitu mencetak generasi Sholeh, cerdas, cinta Allah, Rosul dan Al-Qur'an.

EKSTRAKURIKULER
  •     ENGLISH CLUB
  •     SMART ARITMATIKA CLUB
  •     TIK Art
  •     KALIGRAFI
  •     TILAWAH
  •     PRAMUKA SIT
  •     TENIS MEJA
Serangkaian kegiatan Ekstrakurikuler adalah kegiatan untuk mengakomordir minat, bakat dan potensi siswa, Kedepan sudah banyak program baru yang sudah kami siapkan untuk memaksimalkan kualitas output SDIT Az-Zahra Majenang.

Tidak ada komentar